Monday 12 October 2015

PROPOSAL MANFAAT SABUN SEREH


Berikut ini adalah contoh Proposal Pemanfaatan Daun Sereh sebagai sabun kesehatan silahkan lihat selengkapnya disini untuk versi word. atau baca dibawah ini 


PROPOSAL
“MANFAAT SABUN SEREH  ”
 









Disusun Oleh :
Nama    :




POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA
TEGAL 2015/2016




PENGESAHAN

PROPOSAL
MANFAAT SABUN SEREH

( Propsal ini diajukan untuk memenuhi tugas ospek sebagai teori prasyarat untuk dapat mengikuti memasuki tahun pelajaran baru di Polteknik Harapan Bersama Tegal Prodi Farmasi)

Disusun Oleh :
Nama        :
Prodi         : Farmasi


Disahkan pada tanggal,                       2015





KATA PENGANTAR

            Alam mempunyai rahasia besar untuk diungkap, alam menyajikan berbagai jenis kebutuhaan manusia, mulai dari hal-hal yang kecil hingga permasalahan yang kompleks. Kerapkali manusia lupa untuk mempelajari hal-hal yang kecil yang jikalau diungkap mengandung manfaat bagi peradaban manusia.
Pada masa sekarang ini kondisi lingkungan yang semakin tidak bersahabat kian memperburuk kecantikan dan kesehatan wanita. Kondisi udara dan cuaca yang ekstrim, ditambah polusi, sengatan sinar UV, dan radikal bebas, terutama di daerah perkotaan, merupakan tantangan utama bagi para wanita untuk dapat mempertahankan penampilannya agar tetap cantik dan sehat. Namun ditengah
kesibukan yang padat kini, stress dan tekanan juga seringkali sulit untuk dihindari oleh wanita perkotaan. Banyaknya kegiatan dan pekerjaan membuat wanita memilih untuk menjadi cantik dan segar secara instan, dikarnakan kesibukan tersebut wanita terkadang tidak memperhatikan produk kecantikan  apa yang mereka gunakan. Sekarang ini banyak sekali produk – produk yang menawarkan kecantikan secara instan, namun dengan kandungan kimia yang sangat tinggi akan menyebabkan kerusakan pada kulit dalam jangka panjang.
Dalam proposal ini kami akan membahas manfaat dan kegunaan tanaman sereh bagi kecantikan dan kesehatan.Akhir kata kami ucapkan terimakasih, mohon maaf apabila ada kesalahan atau ada hal-hal yang kurang berkenan dihati pembaca, terimakasih.

                                                                 Penyusun


                                                                                     




DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL...................................................................................... i     
PENGESAHAN ............................................................................................  ii    
KATA PENGANTAR  .................................................................................  iii
DAFTAR ISI .................................................................................................  iv

BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A.    Latar Belakang ....................................................................................  1
B.     Tujuan Penelitian .................................................................................  1
C.     Manfaat Penelitian ...............................................................................  1

BAB II PEMBAHASAN  .............................................................................  2
A.    Tanaman Sereh  ...................................................................................  2
B.     Klasifikasi Tanaman Sereh ..................................................................  2
C.     Manfaat Sereh bagi Kesehatan ............................................................  3
D.    Kandungan Kimia pada Sereh .............................................................  4

BAB III SABUN SEREH UNTUK KECANTIKAN ................................  5
A.    Sabun Sereh .........................................................................................  5
B.     Manfaat Sabun Sereh  .........................................................................  5
C.     Cara Membuat Sabun Sereh ................................................................  6

BAB IV PENUTUP ......................................................................................  8
A.    Kesimpulan ..........................................................................................  8
B.     Saran ....................................................................................................  8
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Wanita merupakan makhluk Tuhan yang memiliki naluri untuk tetap terlihat cantik, segar dan menawan. Buktinya, seorang wanita bisa menjadi sangat gembira saat dipuji cantik. Untuk alasan tersebutlah, para wanita berbondong bondong mengunjungi salon, spa, sauna dan lain -lain semata mata hanya untuk merawat diri agar tetap cantik.
Pada masa sekarang ini kondisi lingkungan yang semakin tidak bersahabat kian memperburuk kecantikan dan kesehatan wanita. Kondisi udara dan cuaca yang ekstrim, ditambah polusi, sengatan sinar UV, dan radikal bebas, terutama di daerah perkotaan, merupakan tantangan utama bagi para wanita untuk dapat mempertahankan penampilannya agar tetap cantik dan sehat. Namun ditengah
kesibukan yang padat kini, stress dan tekanan juga seringkali sulit untuk dihindari oleh wanita perkotaan. Banyaknya kegiatan dan pekerjaan membuat wanita memilih untuk menjadi cantik dan segar secara instan, dikarnakan kesibukan tersebut wanita terkadang tidak memperhatikan produk kecantikan  apa yang mereka gunakan. Sekarang ini banyak sekali produk – produk yang menawarkan kecantikan secara instan, namun dengan kandungan kimia yang sangat tinggi akan menyebabkan kerusakan pada kulit dalam jangka panjang.
      Dalam proposal ini kami akan membahas produk kecantikan berbahan dasar dari alam yang aman di gunakan untuk jangka panjang bagi kulit, bersama dengan ini proposal kami beri judul “ Manfaat Sabun Sereh “ .

B.     Tujuan Penelitian  
~        Untuk melengkapi tugas Ospek
~        Menciptakan peluang berwirausaha dengan produk kecantikan tersebut
C.    Manfaat Penelitian
~        Mahasiswa dapat mampu meningkatkan kemampuan mengelola hasil alam yang ada disekitar lingkungan, terutama pemanfaatan tanaman herbal Sereh.
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Tanaman Sereh / Serai
Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur sebagai penyedap makanan. Minyak atsiri yang diperoleh dari Tanaman serai dengan jalan menyuling bagian atas dari tumbuhan Serai tersebut. Minyak atsiri dari serai dapat digunakan untuk pengusir (repelen) nyamuk. Kandungan serai diantaranya adalah sitronela, Nyamuk sangat tidak suka dengan Sitronela. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya.
Secara umum, serai dibagi menjadi dua jenis, yaitu serai dapur (lemongrass) dan serai wangi (sitronella). Serai dapur terbagi menjadi 2 varitas, yaitu Cymbopogon Flexuosus (serai flexuosus) dan Cymbopogon Citratus (serai citratus). East Indian lemongrass untuk serai flexuosus. Sedangkan serai citratus disebut dengan West Indian lemongrass. Dua Jenis serai dapat tumbuh subur di Indonesia meskipun yang terbanyak adalah jenis West Indian. Sifat minyak Atsiri yang dihasilkan dari keduanya merupakan perbedaan yang sangat jelas dari keduanya. Minyak serai India Timur lebih mempunyai nilai jual dari pada India Barat, karena kandungan sitralnya yang lebih tinggi.

B.     Klasifikasi Tanaman Sereh
~        Akar Serai memiliki akar yang cukup besar. berimpang Pendek dan merupakan jenis akar serabut 
~        Batang, Batang bergerombol dan mempunyai umbi, sedikit lunak dan berongga. batang berupa pelepah umbi, berwarna putih kekuningan. Namun terkadang Putih keunguan atau Putih kemerahan. Bersifat kaku dan gampang patah. Tumbuh tegak lurus di atas tanah.
~        Daun, Daun tanaman serai berwarna hijau dan tidak mempunyai tangkai. Kesat, panjang, dan agak runcing, Murip dengan daun ilalang. Selain itu, berbentuk pita yang meruncing dan ketika diremas akan mengeluarkan bau citrus bertepi kasar dan tajam. Tulang daun tersusun sejajar. Letak daun tersebar. Panjang daun +/- 50-100 cm, lebarnya +/- 2 cm. tipis dan berbulu halus dibagian bawah daun.
~        Bunga, Serai tidak berbunga. Kalaupun ada, umumnya berbunga tanpa mahkota serta mengandung bulir.
~        Buah dan biji, untuk serai jenis Cymbopogon citratus tidak berbuah dan sangat jarang berbiji.

C.    Manfaat Sereh Bagi Kesehatan
Batang serai berbentuk berbuku-buku. Bagian serai yang dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan adalah bagian batang serai. Selain sebagai bahan penyedap rasa dan bahan anti serangga, serai juga digunakan dalam dunia kesehatan. Banyak kandungan yang terdapat di dalam serai sehingga serai sering digunakan untuk bahan obat-obatan herbal. Berikut manfaat serai dalam dunia kesehatan:
~        Meringankan kram pada perut saat menstruasi
Meminum sari atau rebusan air serai dapat meringankan kram pada saat menstruasi. Air serai juga bias menghilangkan rasa mual yang kadang terjadi pada saat wanita dating bulan. Minum air serai ini saat memulai aktifitas yang dimulai sejak pagi hari.
~        Sebagai antioksidan dan pencegah kanker
Serai dapat digunakan sebagai sumber antioksidan yang berfungsi sebagai pembasmi sel-sel penyebab kanker. Serai dapat mematikan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel baik di dalam tubuh lainnya. Caranya dengan meminum air rebusan atau sari serai secara teratur. Minimal 2x sehari.
~        Dapat memutihkan gigi menguning
Gigi menguning jelas membuat Anda merasa tidak percaya diri bukan ? Canggung rasanya kita tersenyum jika gigi kita tak putih. Terutama untuk perokok, pasti terdapat noda kuning pada giginya. Tak perlu malu dan tak perlu khawatir. Hal ini bias diatasi dengan cara sederhana. Yaitu dengan menggunakan serai. Caranya tumbuk serai sampai keluar sarinya, campur dengan sedikit arang dapur. Gosokan pada gigi. Lakukan hal ini minimal seminggu 3x. Rasakan perubahan yang terjadi pada gigi Anda.
~        Menyembuhkan perut kembung
Teh serai terbukti dapat meringankan perut kembung. Kandungan yang ada di dalam serai dapat mengurangi angin yang ada di dalam usus termasuk di dalam perut. Serai mencegah bertambahnya gas dalam usus yang menyebabkan perut kembung. Selain into kita bias mengoleskan sari serai ke perut kita. Caranya dengan menumbuk serai sampai mengeluarkan sarinya, campur dengan minyak angin. Lalu oleskan pada perut kembung.

D.    Kandunan Kimia pada Sereh
Daun :  daun sereh dapur mengandung 0,4%  minyak atsiri dengan komponen yang terdiri dari sitral, sitronelol (66-85%), α-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, β-felandren, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen-4-ol, α-terpineol, geraniol, farnesol, metil heptenon, n-desialdehida, dipenten,  metil heptenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil asetat, sitronelil asetat, geranil asetat, β-elemen, β-kariofilen, β-bergamoten, trans-metilisoeugenol, β-kadinen, elemol, kariofilen oksida.1,2,15)
Pada penelitian lain pada daun ditemukan minyak atsiri 1% dengan komponen utama (+) sitronelol, geranial (lebih kurang 35% dan 20%), disamping itu terdapat pula geranil butirat, sitral, limonen, eugenol, dan metileugenol.17)
Sitronelol hasil isolasi dari minyak atsiri sereh terdiri dari sepasang enansiomer  (R)-sitronelal dan (S)-sitronelal.20)
Pada jenis Cymbopogon yang lain (Cymbopogon giganteus chiovenda) mengandung minyak atsiri yang terdiri dari limonen, p-mentha-1,5, 8-trien; 1,2-limonenoksida;  p-mentha-2, 8-dien-1-ol; Dekan-2, 4-dien-1-ol; p-metilasetofenon; trans-p-menta-1(7), 8-dien-2-ol; Decan-2, 4-dienal; isopiperitenol; cis-p.menta-1 (7), 8-dien-2-ol; cis carveol; carvone; isopiperitenon; cuminil alkohol; perililaldehid; perilil alkohol.13)



BAB III
SABUN SEREH UNTUK KECANTIKAN

A.    Sabun Sereh
Sabun Sereh adalah sabun herbal yang dibuat dengan menggunakan bahan alami seperti minyak sereh, minyak zaitun dan ramuan lain untuk kecantikan wajah dan tubuh sista. Selama ini kalau kita lebih mengenal sabun kimia, amat disayangkan karena sebetulnya Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati. Nah, dari berbagai campuran kandungan minyak tersebut, disuling kemudian dijadikan sabun herbal yang mengandung unsur aromaterapi dan dikenal sebagai deodoran alami.
Minyak sereh juga bersifat anti serangga sehingga mampu mengurangi gatal akibat serangga pada kulit. Malah sista kadang bisa melihat di halaman ditanam sereh untuk mengusir nyamuk. Dapat digunakan sebagai sabun antiseptik. Sabun sereh bisa digunakan untuk wajah dan tubuh. Jadi sabun ini bisa dijadikan sabun wajah.

B.     Manfaat Sabun Sereh
v  Mencegah dan mengobati jerawat baik di punggung maupun kulit wajah
v  Mencegah dan menghilangkan flek hitam dan atau bekas jerawat
v  Membantu menghilangkan bau badan
v  Memutihkan kulit
v  Mengurangi bau kaki
v  Aromanya juga bisa membantu sebagai anti depresi
v  Mencegah gigitan serangga dan gangguan nyamuk
v  Menyembuhkan pecah di kaki
v  Menghilanglan gatal-gatal di kulit (biang keringat, eksim, panu, kadas dan sejenisnya)
v  Menghilangkan ketombe (sabun sereh bisa juga loh digunakan untuk keramas)
v  Banyaknya manfaat dari sereh dikarenakan sereh mengandung anti bakteri alami
C.    Cara Membuat Sabun Sereh
Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat daun sereh menjadi sabun kecantikan :
Bahan
Volume
Alat
Jumlah
~        Minyak Kelapa
~        Minyak Sawit
~        Minyak Kedelai
~        Minyak Zaitun
~        Soda Api
~        Air
~        Minyak Citonella / Minyak Sereh


500 gr
150 gr
100 gr
50 gr
123 gr
300 ml
10 – 20 cc

~        Mixer
~        Mangkok
~        Panci
~        Kompor
~        Pengaduk
~        Gelas
~        Cetakan sabun
~        Kertas roti

1
5
1
1
1
1

Menyesuaikan jumlah cetakan

Cara Membuat :
~        Larutkan soda api ke dalam air . masukkan sedikit demi sedikit kemudian diamkan (55 derajat C)
~        Larutkan greentea dalam minyak kelapa ( 200 gr ) diatas api kecil sampai minyka berubah warna hijau
~        Sementara itu, campurkan bahan lainnya ( mnyk kelapa , mnyk sawit , minyak kedelai , mnyk zaitun ) mixer sampai semua bahan tercampur , kemudian tambahkan larutan greentea , mixer sebentar lalu tuangkan larutan Soda Api sedikit demi sedikit , campurkan dengan menggunakan mixer dan manual secara bergantian ( sebanyak 5 kali ) dengan waktu mixer 2 menit , manual 1 menit , begitu seterusnya. terakhir (ke-6) 3 menit mixer , 2 menit manual.
~        setelah semua bahan tercampur sampai agak mengental , tambahkan minyak sereh kemudian mixer 32 detik , selebihnya manual)
~        terakhir tuangkan adonan ke dalam cetakan yang dialasi kertas roti kemudian tutup, tunggu selama 2 hari.
~        setelah 2 hari keluarkan sabun dari cetakan , letakkan berdiri pada tempat tertutup/jauh dari sinar matahari diamkan selama 3- 4 minggu.
Sabun siap di bungkus

D.    Kandungan Sabun Sereh
Kelenjar sebaceous yang terdapat pada kulit, sebagian dapat diatur dengan membersihkan kulit menggunakan sabun sereh, yang dipercaya memiliki sifat antibakteri lebih besar dibandingkan sabun biasa. Bagi yang memiliki jenis kulit dan rambut berminyak, dan ingin melakukan perawatan dengan menggunakan produk yang berbahan alami, dianjurkan untuk menggunakan sabun sereh yang tidak mengandung minyak esensial karena dapat menyebabkan iritasi.
Salah satu bahan kimia alami yang terdapat dalam serai adalah citronellal. Yang merupakan insektisida ringan, tetapi kurang efektif untuk mengusir serangga dan mencegah gigitan nyamuk  berbahaya. Bagi beberapa orang yang tidak mempunyai jenis kulit dan rambut berminyak, biasanya menggunakan sabun sereh karena menyukai aromanya. Sabun sereh bisa menjadi pilihan bagi yang menyukai sabun yang lebih wangi, berbahan alami dan yang memiliki alergi terhadap produk perawatan kimia yang mengandung parfum. Perlu diingat bahwa, sabun mengandung ekstrak atau minyak esensial dan bahan pewangi lainnya, sehingga sangat dianjurkan untuk membaca komposisi produk terlebih dahulu untuk menghindari alergi terhadap zat-zat tertentu.
Minyak esensial seperti halnya minyak sereh yang mengandung citronellal, dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga gunakanlah secukupnya. Saat ini banyak sekali sabun sereh yang cukup bagus dijual dipasaran dengan kegunaan yang sama dan dengan aroma yang beraneka ragam.



BAB IV
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa manfaat sereh banyak sekali. selain sebagai obat, sereh juga dapat di manfaatkan sebagai pestisida serangga, sebagai pemelihara kecantikan, dan pemelihara kesehatan. Dalam sereh terkandung berbagai macam zat yang bermanfaat bagi manusia.

B.     Saran
Bahwasanya tanaman – tanaman yang ada disekitar kita dapat dimanfaatkan sebagai obat maupun bahan kecantikan , maka dari itu mempelajari jenis- jenis dan manfaat tanaman obat sangatlah penting, dan alangkah baiknya kita membuat apotik hidup disekitar halaman rumah kita sendiri.



DAFTAR PUSTAKA



0 komentar

Post a Comment