Thursday 3 December 2015

Organisasi Bentuk Fungsional

Organisasi Bentuk Fungsional 

Organisasi bentuk fungsional adalah organisasi yang di dalamnya tidak terlalu menekankan kepada hierarki struktural atau jenjang jabatan secara vertikal, akan tetapi lebih banyak didasarkan kepada sfat dan macam fungsi yang perlu dijalankan. Sesungguhnya bentuk organisasi fungsional ini tidak pernah mencapai tingkat popularitas yang tinggi, meskipun dipergunakan oleh organisasi niaga pada umumnya, khususnya pada toko serba ada dan industri pakaian jadi.

Dalam struktur organisasi bentuk fungsional, wewenang dan tugas setiap fungsi diberikan sepenuhnya kepada seorang pejabat/pimpinan yang dipandang ahli dalam bidang fungsinya, selanjutnya dalam melaksanakan segala urusan dalam fungsi itu pimpinan tersebut membimbing semua karyawan dalam organisasi, walaupun karyawan tersebut termasuk dalam suatu unit organisasi yang dipimpin oleh seorang pejabat lain. sebaliknya seluruh karyawan dari unit organisasi program atau proyek apa pun sepanjang menyangkut fungsi tersebut bertanggung jawab kepada pejabat pimpinan yang aktif dalam fungsi tersebut.

Organisasi bentuk fungsional (functional organization) untuk pertama kali diperkenalkan oleh Frederick Winslow Taylor (1856-1915) pada pabrik-pabrik di Amerika Serikat. Menurut konsepsi F.W Taylor, setiap pabrik dengan jumlah karyawan hendaknya dipimpin oleh 8 orang pimpinan fungsional yang terdiri dari : 
  1. Gang-Boss ( untuk persiapan produksi)
  2. Speed Boss ( Pengaturan kecepatan dan ketepatan kerja)
  3. Inspector  (Penilik)
  4. Repair Boss ( pengatur perawatan mesin )
  5. Route clerk ( Pengatur aliran pekerjaan )
  6. Instruction card clerk ( pengatur tata cara dan persyaratan kerja )
  7. Time and Cost clerk ( pengatur waktu dan biaya )
  8. Shop Disciplinarian ( pengatur disiplin kerja )
Kelebihan Organisasi Bentuk Fungsional 

  1. Spesialisasi petugas dipergunakan semaksimal mungkin 
  2. solidaritas antara karyawan yang menjalankan fungsi yang sama pada umumnya tinggi 
  3. moril serta disip;in dalam fungsi yang sama adalah tinggi 
  4. koordinasi antara orang-orang dalam satu fungsi mudah dilakukan 
Kelemahan Organisasi Bentuk Fungsional 
  1. Karyawan terlalu menspesialisasikan diri dalam satu bidang kegiatan tertentu, sehingga sulit diadakan pertukaran tugas ( tour of duty and tour of area ) , tanpa melalui pendidikan khusus terlebih dahulu 
  2. orang-orang yang bergerak dalam satu bidang fungsi tertenru terlalu mementingkan fungsinya sendiri sehingga koordinasi yang bersifat menyeluruh sukar dilakukan. 
Contoh Organisasi bentuk Fungsional 

Contoh Struktur Organisasi Bentuk Fungsional 



1 komentar:

  1. I am definitely enjoying your website. You definitely have some great insight and great stories. Insta stalker is one of the best anonymous Instagram stories viewer. You can use it to stalk stories and users.

    ReplyDelete