Sunday 4 October 2015

KHADIJAH BINTI KHUWAILID PART I

Tentu kita semua tahu siapa Khadijah binti Khuwailid , ya beliau adalah istri pertama Rasulullah saw yang begitu dicintai beliau, sampai suatu ketika, dari istri-istri Rasul yang lain hanya Khadijahlah yang paling Aisyah cemburui , seperti  diriwayatkan oleh Bukhari:

Suatu hari, Rasulullah saw , mengenang Khadijah di hadapan Aisyah, mendengar hal itu, Aisyah berkata, " Seperti tidak ada perempuan lain didunia ini selain Khadijah " 

   Rasulullah menjawab, 

   " Khadijah itu begini dan begitu,  dan dari dialah aku beroleh          keturunan " (HR Bukhari)

   Aisyah ra menuturkan sendiri kecemburuannya kepada Khadijah dalam riwayat , " Setiap kali Rasulullah daw menyebutkan Khadijah, beliau pasti memujinya. " Suatu hari, aku merasa cemburu. maka kukatakan , "Engkau selalu mengenang perempuan tua yang ompong itu, padahal Allah telah memberimu pengganti yang lebih baik " 

   Rasulullah menjawab, 

" Allah tidak pernah memberiku pengganti yang lebih baik daripada Khadijah. Ia yang beriman kepadaku ketika semua orang ingkar. Ia yang mempercayaiku ketika semua orang mendustakanku. Ia yang memberiku harta ketika semua orang enggan memberi. Dan darinya Allah memberiku keturunan, sesuatu yang tidak Dia anugrahkan kepadaku dari istri-istriku yang lain " (HR. Ahmad)


Ya sikap Aisyah itu memang naluri seorang perempuan banget ya,,, siapa sih yang ga cemburu klo suami kita ngomongin mantannya, tapi ya semoga Aisyah saja yang diberikan kebesaran hati buat berbagi suami dengan orang lain, ow... ya Allah tolong jangan suami aku,,, aamiin.... ih.. malah jadi curhat sendiri heheh.. kita lanjutin ya cerita Khadijahnya .. 

  • Latar Belakang Khadijah 

Khadijah dilahirkan di kota Mekkah, ayahnya bernama Khuwailid dan ibunya bernama Fatimah, keduanya termasuk keturunan bangsawan Quraisy.

Sebelum menikah dengan Rasulullah saw, Khadijah pernah dua kali menikah, Pertama dengan Athiq bin Abid, yang juga seorang keturunan bangsawan Quraisy. Menurut riwayat, pernikahan in i menghasilkan dua anak yaitu Abdullah bin Athiq dan seorang anak perempuan yang tidak disebutkan namanya .

tidak lama kemudian Athiq meninggal dunia, Khadijah kemudian menikah lagi dengan Nabasyi bin Malik, pernikahan yang kedua ini Khadijah juga diberikan dua orang anak yaitu Halah bin Nabasyi dan Zainab binti Nabasyi, pernikahan ini pun tidak kekal, sebab Nabasyi meninggal dunia juga. Kedua suami Khadijah meninggalkan harta benda yang cukup banyak dan jaringan perniagaan yang luas, maka dari situlah Khadijah dikenal sebagai pengusaha dalam perdagangan yang kaya raya. 


 Ibarat bunga yang harum, 
Semerbak mewangi, 
Dan cahayanya seindah bintang, 
Dilangit nan tinggi 


Beliau adalah wanita yang mencitrakan seorang wanita sempurna. Jiwa beliau adalah perpaduan antara kecantikan, kebijaksanaan, dan kemuliaan hati, hampir semua karakter kemuliaan bernaung menjadi satu dalam diri seorang Khadijah, mulai dari kemuliaan keturunan dan kemuliaan kepribadian, gengsi dan reputasi yang menonjol cara bergaul yang supel, kesucian jiwa, dan hati hingga kecantikan serta kejelitaan fisiknya. 

Khadijah dengan terpadunya pikiran dan jiwa yang mulia di dalam dirinya, kaum Quraisy menganggap beliau sebagai contoh dan teladan yang baik bagi kehidupan mereka, karena kepribadiannya itulah banyak tokoh-toko Quraisy yang berniat melamar dan menjadikannya istri, tetapi Khadijah oleh Allah swt memang telah dijodohkan dengan seorang laki-laki mulia dan berkepribadian agung..

Nah,,, pasti penasarankan gimana cerita kisah cinta nya Rasulullah dengan Khadijah ... nanti baca lagi artikel berikutnya ya,,, jangan baca kisah cinta negeri dongeng aja,, namanya juga dongeng pasti tidak real ke absahannya, kalo kisah cintanya Rasul dengan Khadijah kan ini benar-benar real... bisa nanti kita terapkan dalam kehidupan rumah tangga kita,,, 

Baca ya Part II nya.... 


Wassalam 

0 komentar

Post a Comment