Friday, 4 December 2015

Organisasi Bentuk Panitia

Organisasi Bentuk Panitia

Sebagai contoh Organisasi bentuk panitia ialah Koperasi Rukun Warga, Organisasi bentuk panitia dapat pula bersifat sementara dalam arti hanya berlaku selama waktu tertentu, misalnya panitia anggara pada suatu perusahaan yang bertugas untuk menyusun anggaran perusahaan. panitia anggaran tersebut diketahui oleh Direktur Keuangan dengan kepala bagian perencanaan dan kepala bagian pemasaran sebagai wakil keua, sedangkan para anggotanya terdiri dari kepala unit produksi, kepala kepegawaian, kepala bagian umum dan kepala bagian penjualan. Setelah anggaran perusahaan selesai disusun dan disahkan oleh Direktur utama atau Direksi maka panitia Anggaran tersebut dibubarkan. 

Itulah salah satu contoh Organisasi Bentuk Panitia , dalam organisasi ini memiliki sifat-sifat organisasi, kelemahan maupun kelebihan, sebagai berikut 

Sifat - Sifat Organisasi Bentuk Panitia 

  • tugas pimpinan dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok orang 
  • semua anggota pimpinan mempunyai hak, wewenang dan tanggung jawab yang sama 
  • para pelaksana, dikelompokan menurut tugas yang harus dilakukan sesuai kebutuhan secara khusus dalam bentuk suatu satuan tugas ( Task Force
Kelebihan sifat-sifat Organisasi Bentuk Panitia 

  • keputusan yang diambil pada umumnya tepat, karena dibicarakan secara kolektif  terlebih dahulu 
  • kemungkinan bagi seseorang untuk bertindak diktatoris sangat kecil 
  • kerja sama diantara bawahan lebih mudah dibina 
Kelemahan-kelemahan Organisasi Bentuk Panitia 
  • proses pengambilan keputusan sangat lambat karena harus dirundingkan bersama 
  • dalam hal timbul suatu kemacetan, tidak seorang pun dari pimpinan yang dapat dimintai pertanggung jawaban 
  • para pelaksana sering bingung , karena perintah tidak datang dari satu orang saja, tetapi dari beberapa orang.
Macam-macam Bentuk Organisasi Panitia 
  • kelompok kerja ; beberapa macam eksekutif dan kelompok pelaksana yang dibentuk untuk mengkoordinasikan fungsi-fungsi utama dari organisasi tersebut 
  • Task Forces :  satuan-satuan tugas yang anggotanya terdiri dari wakil-wakil fungsi untuk menangani berbagai masalah antar bagian 
  • Staff Group : tujuan utamanya untuk mengintegrasikan dasar manajemen seperti perencanaan di seluruh organisasi 
  • Program of Project of Management ; dimanan setiap proyek yang dilaksanakan bukan merupakan bagian dari kegiatan organisasi dengan seorang manajer yang mengintegrasikan kelompok-kelompok fungsional dalam suatu unit kegiatan untuk menangani bermacam-macam tahap proyek tersebut.


Contoh Organisasi Bentuk Panitia 

1 komentar:

  1. Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. The latest Tweets from Celebrity birthdays with 22 million users visit our website each month.

    ReplyDelete