Friday 4 December 2015

Kelemahan dan Kelebihan Organisasi Lini dan Staff

Organisasi bentuk Lini dan Staff mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : 

  • Organisasinya besar da kompleks 
  • Jumlah karyawannya banyak 
  • Hubungan kerja yang bersifat langsung (face to face) tidak mungkin bagi seluruh anggota organisasi.

Terdapat dua kelompok karyawab dalam organisasi , yaitu : 

  • Sekelompok karyawan yang melaksanakan tugas pokok organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. orang-orang ini disebut orang-orang line (line personnel)
  • Sekelompok karyawan yang sifat tugasnya memberikan bantuan dalam pelaksanaan tugas pokok baik karena keahliannya dalam memberikan nasihat seperti ahli teknik atau ahli pemasaran, maupun memberikan jasa kepada unit-unit operasional dalam bentuk bantuan pelayanan (auxiliary service) seperti kegiatan di bidang kepegawaian, angkutan, perlengkapan kantor, dan sebagainya, orang-orang inilah yang disebut orang-orang staff (staff personel) yang melaksanakan tugas staff (staff Fuction). orang-orang staff ini dapat dibagi kedalam dua golongan, yaitu golongan penasihat (staff ahli) dan golongan petugas pelayanan umum (staff umum)

kelebihan organisasi bentuk Lini dan staff : 

  1. ada pembagian tugas yang jelas antara orang-orang yang melaksanakan tugas pokok dengan orang-orang yang melaksanakan tugas bantuan sebagai penunjang (staff)
  2. bakat yang berbeda-beda dari para anggota organisasi dapat dikembangkan menjadi suatu spesialisasi 
  3. koordinasi dalam setiap kelompok mudah dijalankan 
  4. disiplin serta moril biasanya tinggi, karena tugas yang dilaksanakan oleh seseorang sesuai dengan bakat, keahlian, pendidikan dan pengalamannya 
  5. penerapan prinsip the right man in the right place lebih mudah dilakukan 
  6. bentuk organisasi ini dapat dipergunakan oleh setiap organisasi yang bagaimanapun besarnya , apa pun tujuannya dan betapa pun kompleksnya. 


Kelemahan Organisasi bentuk Lini dan Staff :

  1. bagi para pelaksana operasional, tidak selalu jelas mana yang bersifat instruksi/perintah dan mana yang bersifat nasihat 
  2. para pelaksana operasional mempunya dua macam pimpinan, yaitu atasan langsung yang berhak memerintah sesuai dengan line of command  dan pimpinan staf yang mempunya wewenang fungsional (functional authority)
  3. perintah dari hierarki lini tidak selalu seirama dengan nasihat dari hierarki staf, karena belum tentu kedua macam heirarki itu memandang suatu hal dari pandagan yang sama 

3 komentar: