Wednesday, 2 December 2015

Fungsi Organisasi dan administrasi dalam perkantoran

     Fungsi Organisasi dan Administrasi dalam perkantoran 
Hakikat organisasi adalah pembagian tugas. Pembagian tugas tersebut dilakukan dalam usaha untuk mencapai tujuan sehingga dapat dikatakan pula bahwa organisasi merupakan alat/sarana untuk mencapai tujuan. Dengan demikian organisasi berfungsi sebagai sarana atau cara agar pencapaian tujuan lebih mudah dilakukan dari pada sendiri tanpa pembentukan suatu organisasi.
Jadi organisasi mempunyai fungsi atau sifat tugas sebagai berikut :
  • 1.      Sebagai alat/ sarana untuk mencapai tujuan dengan sistem kerja sama antara orang-orang dalam mencapai tujuan
  • 2.      Sebagai kelompok atau himpunan orang-orang (wadah) dalam melaksanakan kerja sama tersebut
  • 3.      Sebagai proses pembagian tugas/pekerjaan yang harus dilakukan dalam usaha pencapai tujuan.

Sedangkan administrasi hakikatnya adalah menyelenggarakan kegiatan perkantoran. Kegiatan perkantoran dilakukan dalam rangka membantu puncak pimpinan organisasi dalam pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan organisasi.
Berdasarkan pengertianny, administrasi berfungsi sebagai sarana atau alat untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi administrasi atau sifat tugas yang serupa dengan organisasi sebagai berikut :
  • ·         Sebagai kelompok orang yang melakukan kerja sama
  • ·         Sebagai pelaksana yang melaksanakan tugas dengan menggunakan alat-alat, sarana, materi dan perlengkapan
  • ·         Sebagai pembantu pimpinan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam upaya mencapai tujuan organisasi. 

0 komentar

Post a Comment