Wednesday, 2 December 2015

Prinsip Organisasi Perkantoran agar efektif dan efisien

Dalam organisasi memiliki unsur-unsur pokok yaitu manusia, tujuan, tugas pekerjaan dan peralatan/fasilitas, dengan demikian tiap organisasi harus memiliki unsur tersebut baik organisasi itu bersifat organisasi Negara/pemerintah yang mengatur dan memberi pelayanan terhadap masyarakat atau bersifat niaga/bisnis yang menghasilkan barang dan jasa serta menjual kepada masyarakat dengan mencari keuntungan atau bersifat sosial/kemasyarakatan yang memberikan bantuan serta pelayanan kepada masyarakat tanpa mencari keuntungan.
Berdasarkan data diatas suatu organisasi yang baik harus memiliki prinsip atau ciri pokok sebagai berikut :
  • ·         Terdapat tujuan yang jelas,
  • ·         Tujuan organisasi harus dipahami oleh setiap anggota organisasi
  • ·         Adanya kesatuan perintah dan kesatuan arah
  • ·         Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab
  • ·         Adanya pembagian tugas pekerjaan yang merata dan sesuai
  • ·         Susunan atau struktur organisasi
  • ·         Pola dasar organisasi harus relative permanen/tetap
  • ·         Adanya jaminan stabilitas jabatan atau pekerjaan (security of tenure)
  • ·         Pemberian balas jasa atau imbalan kepada anggota organisasi.
s    selanjutnya dari hasil penelitian yang dilakukan oleh tim penyusun Buku " Manajemen dalam Pemerintahan" yang diterbitkan oleh lembaga administrasi negara maka prinsip-prinsip pokok yang harus diperhatikan dalam organisasi agar tercapai efektivitas dan efisiensi adalah :
  •       prinsip pembagian habis tugas 
  •       Prinsip Perumusan tugas pokok dan fungsi yang jelas 
  •       prinsp akordeon ( penyesuaian dengan sifat pekerjaan)
  •      prinsip fungsionalisasi 
  •      prinsip koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi 
  •     prinsip kontinuitas 
  •     prinsip jalur dan staf 
  •     prinsip kesederhanaan 
  •    prinsip fleksibilitas 
  •    prinsip pendelegasian wewenang 
  •    prinsip pengelompokan secara homogen (departmentation)
  •    Prinsip tersediannya pegawai yang cakap dan sesuai 
  •    Prinsip rentang pengendalian (Span of Control )
     demikian beberapa prinsip umum organsasi yang dikemukakan oleh para ahli, yang sudah barang tentu dalam mengemukakan pendapatnya tersebut dipengaruhi oleh latar belakang keahlian dan pengalaman masing-masing. 




0 komentar

Post a Comment